Perawatan Rambut Berhijab

Bagi kaum wanita memakai jilbab maupun tidak kita tidak luput dari masalah rambut dengan masalah yang beragam, seperti rontok, patah dan bercabang, ketombe, lembab,rambut kering susah diatur dll. Berbagai produk iklan shampoo pun semakin berlomba-lomba merebut perhatian kaum wanita agar tertarik akan produknya.
Masalah yang dialami dengan rambut yang wanita berhijab pun tidak berbeda dengan wanita yang tidak menggunakan jilbab, berikut tips buat para hijabers agar rambut indahnya selalu terawat :
1. Cuci rambut minimal seminggu 3 kali untuk menghilangkan kotoran yang bertumpuk di kulit kepala dan rambut.

2. Gunakan sampo khusus yang mengandung nutrisi bermanfaat untuk menguatkan akar rambut dan menghilangkan ketombe. Pilih sampo yang sesuai jenis rambut dan kondisi kulit kepala.

3. Untuk jenis rambut berminyak dapat menggunakan conditioner yang sesuai dengan jenis rambut sehingga tidak membuat kulit kepala lebih lembap dan berminyak. Kondisioner hanya dipakai untuk yang memiliki rambut panjang supaya pelumasan batang rambut dapat sampai ke ujung rambut.

4. Jangan mengenakan jilbab/kerudung saat rambut dalam kondisi basah, sebab akan mempertinggi kadar kelembapan rambut yang menyebabkan rambut dan kulit kepala dapat mengalami gangguan.

5. Pastikan rambut selalu dalam keadaan bersih dan kering sebelum menggunakan kerudung atau jilbab. Rambut yang lembap dan tertutup adalah ‘sarang’ yang baik bagi jamur dan bakteri penyebab ketombe.

6. Hindari mengikat rambut terlalu kuat dan kencang dengan tidak mengikat rambut terlalu kencang. Hal ini untuk menghindari permasalahan rambut yang mudah patah atau bercabang.

7. Istirahatkan rambut anda Biarkan rambut tanpa ikatan saat di dalam rumah, agar rambut bisa bernafas, menjadi lebih segar, dan juga lebih sehat. Cara ini juga lebih efektif untuk meminimalisir kelembaban di kulit kepala yang bisa memicu ketombe ataupun kerontokan pada rambut.

souvenia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *